Keindahan Masjid Jami’ BAITURROHMAN I Robayan

Rabu, 15 Desember 2010






Jepara sejak dahulu dikenal sebagai pusatnya ukir-ukiran kayu khususnya kayu jati. Dari daerah pesisir Jawa tengah ini sejak dahulu sampai sekarang dikirim berbagai macam kerajinan dan mebel berbagai bentuk dengan ukiran yang khas. Melihat kenyataan itulahmaka Masjid Jami’ Baiturrohman I Robayan, Kecamatan Kalinyamatanini menambahkan ukiran khas kayu pada pintu-pintu dan jendela pada Masjid. Masjid yang bertempat di Jalan Jepara – Semarang ini terlihat Cekli, Megah, dan Bernilai Seni.

Selain di tinggikan bangunan Masjid Jami’ Baiturrohman I Robayan juga di renovasi dengan menambah  lantai 2 sebagai pengembangan Masjid dengan Jama’ah yang terus bertambah, maklum Desa Robayan Ini terkenal Desa Santri, maklum di sini terdapat banyak Madrasah dan Pondok Pesantren. Masjid ini pun terdapat 2 menara yang gagah menjulang ke langit dengan bentuk yang unik. Menara terssebut berfungsi untuk menaruh pengeras suara agar suara Adzan sampai di seluruh Desa Robayan.




Bagi Kabupaten Jepara kedepan Masjid Jami’ Baiturrohman I Robayan ini merupakan asset seni yang cukup dibanggakan, selain menggunakan unsur seni local yang sekarang telah memiliki HAKI juga sebagai alat promosi bagi siapa saja yang telah melihatnya. Mereka orang-orang yang telah shalat disini pasti mempunyai kenangan tersendiri dengan seni ukiran Jepara bersifat universal karena ditempat masjidpun kelihatan indah. Masjid ini telah selesai dibangun dan masjid bernuansa ukir Jepara, setelah Masjid Agung Kota Jepara, yang juga menggunakan asesoris ukiran di bagian atasnya.




Bila Pembaca Ingin menyaksikan keindahanukiran-ukiran pada Masjid Jami’ Baiturrohman I Robayan, Anda dapat mampir shalat disana selain tempatnya strategis dipinggir Jalan Raya Jepara- Semarang.

0 komentar:

Posting Komentar